Perkembangan Connector HDMI dan Versinya

Perkembangan Connector HDMI dan Versinya

High-Definition Multimedia Interface (HDMI) adalah salahsatu antarmuka (interface) peralatan audio/video digital tanpa kompresi yang didukung oleh industri. HDMI menyediakan antarmuka antara beberapa sumber audio/video digital yang cocok, saperti set-top box, pemutar DVD atau penerima AV serta audio digital dan/atau monitor video yang cocok, saperti televisi digital (DTV).

Kabel HDMI (High-Definition Multimedia Interface) berguna untuk menyampaikan data audio dan video secara digital, sesuai untuk ditampilankan pada layar berkualitas HD (High-Definition). Keunggulan HDMI dari kabel Component / RCA, adalah kualitas tinggi pada hasil konversi audio dan video yang melalui kabel HDMI tersebut. Selain itu HDMI juga hanya menggunakan satu port, sedang pada kabel Component membutuhkan tiga port untuk mengkonversikan audio dan video.

Saat ini fitur HDMI port disediakan oleh hampir kebanyakan produk elektronik di dunia sebagai alternatif fungsi digital mengganti fungsi analog standar, seperti coaxial cable, composite video, S-video, componet video, VGA, dan sebagainya. Lalu, apa sih kegunaan HDMI sendiri untuk kepentingan pengguna termasuk anda.

 

HDMI mendukung berbagai macam video format pada PC ataupun TV termasuk format standard dan high-definition video. Ia juga mendukung sampai 8 channel digital audio, dan koneksi Consummer Electronics Controls (CEC). Uniknya, semua itu bisa anda dapatkan dengan hanya dengan 1 kabel saja. Bandingkan jika anda menggunakan analog, akan ada banyak kabel yang berbeda yang harus digunakan. CEC sendiri di sini digunakan supaya HDMI device mampu mengontrol satu sama lain jika diperlukan, sehingga jika pengguna ingin mengoperasikan beberapa device yang berbeda, cukup gunakan fasilitas yang ada pada remote control saja.

 

Kelebihan dari HDMI, karena ia memiliki arus listrik dan signal yang sama seperti yang digunakan oleh port DVI (Digital Visual Ainterface), maka jika menggunakan adapter converter dari DVI ke HDMI tidak diperlukan konversi signal dan yang paling penting tidak ada penurunan kualitas video dan suara.

 

Fitur-fitur HDMI

HDMI pertama diperkenalkan pada Desember 2002 yang dikenal dengan nama HDMI 1.0. Setiap versi dari HDMI 1.0 mendukung maximum pixel clock rate sebesar 165 Mhz (4.95 Gb/s bandwith), dimana ia mampu menampilkan tampilan HDTV di resolusi 1080p pad 60HZ refresh rate dan juga resolusi WUXGA 1920×1200, juga pada 60 Hz refresh rate.HDMI menggunakan type cable yang sama, juga tetap menggunakan konektor 19 pin yang sama. Namun setiap peningkatan versi, kapasitas bandwith selalu ditingkatkan dan tentu saja beberapa fitur-fitur baru selalu disertakan setiap ada HDMI versi baru.

Pada HDMI 1.1 selain kemempuan diatas, ditambahkan fitur yang mendukung DVD audio dan pada HDMI 1.2 ditambahkan fitur yang mendukung Super Audio CD.

Sedangkan, pada HDMI 1.3 kemampuannya lebih ditingkatkan lagi dari versi sebelumnya. HDMI 1.3 memiliki pixel clock rate hingga 340 Mhz 910.2 Gb/s bandwith) yang mampu menampilkan resolusi yang jauh lebih tinggi seperti WQXGA dengan resolusi maksimal 2560×1600. hebatnya, tetap menggunakan single digital link.

Pada HDMI 1.3 juga sudah mendukung Deep Color dan xvYCC color space. Fitur Deep color maksudnya adalah metode yang menggunakan shades, hues, luminosity dengan jumlah yang sangat banyak untuk meningkatkan jumlah color yang bisa ditampilkan, yaitu dari yang tadinya berukuran juta menjadi milyar. Deep color sudah menggunakan kedalaman 30-bit, 36-bit, atau 48-bit dibandingkan HDMI 1.0 yang hanya mampu kedalaman 24-bit color. Fitur xvYCC color space sendiri dikenal juga dengan nama x.v.color yang menandakan bahwa full range color (0-256) pada 8-bit space sudah dimiliki, tidak lagi menggunakan RGB color yang memiliki full range color (16-235) pada 8-bit space yang merupakan limitasi utuk monitor analog.
Penjelasan perbedaan huruf A, B, C sendiri adalah sebagai berikut. A, B, C adalah perbedaan type konektor. HDMI type A dan C yang saat ini banyak digunakan menggunakan single links, sedangkan untuk type B menggunakan Dual links. Namun karena dengan menggunakn Single links saja, bandwith dihasilkan sangat tinggi, maka type B belum diperlukan. Sampai saat ini HDMI berkonektor type B belum ada yang memproduksi.

Saat ini yang terbaru adalah HDMI 1.4, di HDMI 1.4 mempunyai berapa kelebihan dari versi lain yaitu:

·  Resolusi maksimal defenisi tinggi sampai 4096×2160 (bisa buat nonton di layar yang lebih besar daripada bioskop)

·  Resolusi 3D sampai 1080p

·  Real Time Content Recognition (menyesuaikan pengaturan video secara otomatis berdasarkan pada perangkat yang terhubung)

·  Tambahan ruang warna, terutama untuk kamera digital

·  Konektor Micro

·  Konektor mobil

 

Kemampuan Audio

Selain kemampuan visual digital yang dimilik HDMI, tentunya tak ketinggalan juga kemampuan audio digitalnya. Pada HDMI 1.0 sudah mendukung 8 channel LPCM (linear pulse code modulation) pada sampling rate hingga 192kHz dan 24-bit resolution. Sedangkan, pada HDMI 1.3 ditambahkan dukungan terhadap 8 channel surround-sound streams encode menggunakan algoritma kompresi Dolby TrueHD dan DTS-HD Master Audio. Untuk diketahui, semua versi HDMI sudah mendukung fitur Dolby Digital dan DTS lossily compressed bit streams.

Pemrosesan yang cukup kompleks untuk video terkadang membuat signal audio datang sebelum signal video datang, sehingga menjadikan seperti tidak sinkron antara gambar yang muncul dengan audio (suara) yang muncul belakangan. Untuk itu, pada HDMI 1.3 dihadirkan fitur baru yang disebut auto lip sync, dimana dengan fitur ini, akan secara otomatis terhindar dari permasalahan seperti diatas.

Pemilihan Perangkat HDMI

Untuk pemilihan beberapa perangkat HDMI yang ingin anda beli, tentunya anda juga harus mengetahui fitur-fitur apa saja yang ditawarkan oleh perangkat tersebut. Fitur-fitur seperti Deep color, xvYCC, Color Space, Dolby TrueHD, dan DTS-HD Master Audio adlah opsional. Jadi tidak semua perangkat HDMI memiliki fitur seperti ini. Pastikan teliti terlebih dahulu sebelum anda membeli.

Begitu juga untuk pemilihan pembelian kabel HDMI, dimana untuik HDMI 1.3 cable terdapat 2 type, yaitu standar atau category 1 dan category 2. untuk kabel HDMI category 1 sudah diuji untuk bekerja pada 75 MHz, yang ekuivalen dengan 1080i signal. Biasanya kabel tersebut maksimal memiliki panjang hingga 5 meter dan material bahan menggunakan 26AWG copper wire.

Tipe yang kedua adalah High Speed atau category 2 yang sudah diuji untuk bekerja pada kecepatan 340 MHz ekuivalen dengan 1080p signal dan juga mampu meningkatkan color depths. Tipe kabel ini juga bisa mengakomodasi resolusi display yang lebih tinggi, misal 2560×1600. kabel ini biasanya diproduksi menggunakan 26 atau 24 AWG cooper wire dimana panjangnya tidak dibatasi.

Jadi, ketahuilah terlebih dahulu device HDMI yang akan anda beli. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan anda atau belum. Jika si penjual kurang memahami produk yang akan anda beli, cari tahu terlebih dahulu perihal teknologi device HDMI tersebut melalui orang yang lebih paham atau informasi dari internet. Tentunya untuk menghindarkan anda dari kekecewaan.