Penyebab dan Cara Memperbaiki MicroSD yang Rusak

Jika anda mempunyai handphone yang bisa memutar lagu, video, gambar dan lainya, anda pasti kesal kalau tiba-tiba kartu memory yang anda gunakan tidak dapat membaca beberapa filenya atau bahkan tidak terbaca sama sekali oleh Hp yang anda gunakan. 

Sebenarnya kartu memori susah untuk rusak secara fisik sehingga banyak perusahaan kartu memori micro SD yang memberi garansi seumur hidup, tetapi secara software kartu memori lebih mudah rusak.

Di bawah ini adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi Micro SD yang mengalami kerusakan:

Sering di pindah-pindah

Jika anda suka memindahkan suatu kartu memory dari hp satu ke hp yang lain yang hanya sekedar untuk menggandakan file, saya rasa anda perlu menghentikan kebiasaan itu. Kartu memory yang sering di pindah-pindah akan lebih rentan terhadap penyakit, karena harus sering menyesuaikan diri dengan tempat dan sistem operasi baru.

Cara Memindahkan

Cara memindahkan karu memori hp yang benar adalah menon aktifkan hp terlebih dahulu, setelah hp mati, jangan terburu-buru untuk langsung mencabutnya, tunggulah  sekitar 30 detikuntuk memastikan data yang ada di hp telah masuk semua ke memori, lalu barulah cabut dan memindahkan ke hp yang baru.

Terkena Minyak atau kotoran

Jika anda ingin memindahkan atau menyimpan kartu memori pastikanlah tangan dan tempat menaruh memori bersih dari debu atau kotoran dan minyak.

Terkena Virus

Menyabungkan kartu memori hp ke komputer bisa jadi penyebab utama kartu memory hp terinfeksi virus. Maka sebaiknya Anda terlebih dahulu memeriksa apakah  kondisi komputer yang akan di gunakan untuk mentransfer data ke kartu memori hp dalam kondisi fit (dalam arti tidak terinfeksi virus).

Magnet

Salah satu penyebab rusak atau hilangnya data di kartu memory adalah magnet. Hindarilah menaruh hp dan kartu memori di dekat magnet atau yang memiliki daya magnet. Karena magnet dapat menyedot data di memori hp dan merusak struktur partikel-partikel di dalamnya.

Bekerja extra

Seperti manusia, kartu memori juga butuh istirahat untuk merilekan diri. Jika Anda sering memotar lagu atau video yang tersimpan di kartu memori sampai ber jam-jam saya rasa, umur kartu memory anda tidak terlalu panjang, walaupun dengan kualitas dan merek terbaik.

Langkah-langkah untuk memperbaikinya:

Bersihkan Kartu

Jika kartu memori Hp anda merasa rusak bukan karena terinfeksi virus saya sarankan anda melakukan hal ini terlebih dahulu, tetapi bila anda merasa memori anda rusak karena terinfeksi virus, silahkan melewati langkah ini.  Sebelum kita melakukan pem formatan terhadap kartu memori yang bermasalah, ambilah penghapus pensil. Ya penghapus pensil ini berguna untuk membersihkan tembaga atau kuningan yang di jalur kartu (mata koneksi) dengan cara menggosok-gosokan penghapus pensil sampai bersih, lalu cobalah masukan kartu memory ke hp untuk menguji, jika masih belum berhasil lakukan langkah selanjutnya.

Back up

Jika langkah pertama gagal, langkah kedua adalah memback up data bagi memori yang dapat membaca file tapi hanya sebagian, jika file itu penting back up dulu sebelum menyesal.

Tindakan Pemformatan

Cara format dengan komputer:

Format Pertama Dengan Windows Explorer

Siapkan kabel data atau card reader (saya sarankan menggunakan card reader).

Masuk My computer, cari drive letak memory berada, misal disk E atau F (tergantung letak memori)

Klik kanan, pilih format, muncul pilihan FAT, FAT32, NTFS (format terbaik dan terbersih adalah dengan memilih FAT)

Klik format now " tunggu sampai selesai".

Jika anda gagal melakukan pemformatan melalui windows explorer, langkah selanjutnya adalah “Format melalui Command Prompt”

Format melalui Command Line

Klik start, pilih run dan tulis CMD Setelah masuk jendela CMD sekarang Anda menulis  FORMAT h: / FS:FAT ( tergantung letak kartu memori kalau di Disk G maka ganti huruf "h" dengan "g" begitu juga yang lainnya).

Maka akan berjalan proses pemformatan, tunggu sampai selesai.

Sumber