REVIEW SSD SAMSUNG 960 PRO M.2 NVME 2TB

Pada pertengahan September lalu, Samsung secara resmi memperkenalkan SSD (Solid State Drive) terbaru, yaitu 960 Series.

Beberapa dari Anda mungkin masih ingat kejutan yang dihadirkan oleh Samsung pada SSD baru mereka itu. Ya! SSD Samsung 960 PRO Series dihadirkan dengan kapasitas yang sangat lapang mencapai 2 TB. Tidak hanya itu, SSD Samsung yang didukung dengan protokol NVMe (Non-Volatile Memory Express) diklaim akan menjadi solusi bagi para pecinta SSD yang membutuhkan kapasitas lebih lapang serta peningkatan performa yang berlipat-lipat.

Setelah hadir di meja pengujian kami beberapa waktu lalu, kami pun langsung melakukan pengujian untuk SSD generasi penerus dari 950 Series ini. Tentunya dengan spesifikasi yang jauh berbeda dari generasi sebelumnya membuat kami sangat penasaran seperti apa performa yang ditawarkan dari SSD yang merupakan varian tertinggi dari SSD 960 Series ini. Berikut kami sajikan hasilnya dalam artikel review ini.

Paket Penjualan

Paket penjualan dari SSD Samsung 960 PRO 2 TB menyertakan satu buah buku panduan penggunaan SSD 960 PRO dan didukung dengan garansi selama 5 tahun. Mengenai kapasitas yang disediakan, Samsung menyediakan tiga pilihan kapasitas untuk 960 PRO series ini di antaranya 512 GB, 1 TB dan 2 TB.

Samsung 960 PRO 2 TB

Spesifikasi antara SSD Samsung 950 PRO yang hadir tahun lalu dengan 960 PRO saat ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Meskipun sama-sama memanfaatkan konektor M.2 dengan antarmuka PCI Express 3.0 x4 (theoretical bandwidth 3940 MB/s), Samsung 960 PRO mampu memberikan performa yang sangat tinggi. Hal tersebut bisa dilihat dari chip NAND tipe MLC 2-bit yang disandangnya.

Tidak hanya itu, perpaduan antara NAND yang digunakan serta kontroler terbaru yang dikembangkan oleh Samsung yang bernama Polaris, diklaim mampu memberikan performa sequential read/write mencapai 3500 MB/s dan 2100 MB/s. Bukan hanya itu, performa tinggi yang dihasilkan 960 PRO juga berkat adanya dukungan teknologi Intelegent TurboWrite yang terpasang di dalamnya.

Selain performa, Samsung juga ternyata turut memberikan beberapa peningkatan pada SSD barunya ini, seperti konsumsi daya 10% lebih rendah dibandingkan seri sebelumnya, serta dilengkapi dengan komponen heatspreader dalam bentuk lapisan tembaga yang tipis. Mengenai kapasitas 2 TB yang diusung oleh SSD ini, pihak Samsung sempat menjabarkan bahwa SSD ini dilengkapi dengan Advanced Packaging Technology generasi terbaru sehingga memungkinkan untuk membuat satu buah chip NAND dengan kapasitas mencapai 512 GB. Pada 960 PRO 2 TB ini, PCB yang digunakan mampu menampung hingga empat buah chip NAND, sehingga tidak mengherankan Samsung telah berhasil menghadirkan SSD barunya ini dengan kapasitas lebih luas.

Setelah menyimak paket penjualan serta spesfikasi yang diusung oleh SSD Samsung 960 PRO 2 TB ini, kini kita akan memasuki segmen yang paling ditunggu, yaitu hasil pengujian. Namun sebelum itu, seperti biasa kami tampilkan terlebih dahulu platform pengujian yang kami gunakan dalam menguji SSD dari Samsung ini.

Platform Pengujian

  • Prosesor Intel Core i7 6950X
  • Motherboard ASUS X99 Series Deluxe II
  • RAM DDR4 Kingston HyperX Fury 16GB
  • SSD Intel NVMe 750 Series
  • Graphics Card GeForce GTX 1060
  • PSU Corsair CX500

Memasuki segmen pengujian pada SSD Samsung 960 PRO ini, ada satu pengujian berbeda yang biasanya seperti kami lakukan pada pengujian-pengujian SSD sebelumnya. Pada pengujian transfer file besar dan kecil, kapasitas dari file tersebut kami perluas hingga 10 GB. Selain itu, pada pengujian Samsung 960 PRO ini kami menyertakan salah satu SSD besutan Intel yang sama-sama mengusung protokol NVMe, yaitu 750 Series yang menggunakan interface U.2. Kami menyertakan SSD tersebut hanya semata-mata sebagai pembanding saja. Berikut hasil pengujian beberapa benchmark yang biasa kami gunakan pada SSD terbaru Samsung di bawah ini.

HD Tune

Sebagai SSD yang ditujukan untuk kalangan profesional, Samsung 960 PRO berhasil membuktikan dirinya sebagai SSD dengan performa yang cukup tinggi. Meskipun hasil performa Read dari pengujian benchmark ini lebih unggul SSD pesaing, kemampuan Write yang ditawarkan SSD Samsung ini mampu unggul. Pada hasil Burst Rate, SSD milik Samsung ini unggul cukup signifikan.

CrystalDisk Mark

Samsung mengklaim bahwa SSD barunya ini mampu menyajikan sequential read/write hingga 3500 MB/s dan 2100 MB/s. Pada hasil pengujian menggunakan CyrstalDisk Mark yang kami gunakan, SSD mampu menyajikan performa sesuai dengan yang mereka klaim. Hal ini tampaknya berkat dukungan protokol NVMe serta pemanfaatan jalur M.2 PCI Express 3.0 x4 pada SSD ini.

PC Mark 8

Pada hasil pengujian menggunakan PC Mark 8, terlihat Samsung 960 PRO unggul di beberapa hasil pengujiannya seperti skor dan skor storage details. Bahkan skor bandwidth yang ditawarkan SSD milik Samsung ini unggul cukup tinggi.

Tes Transfer File 10 GB File

Untuk pengujian real-life transfer file pada SSD kali ini kami mencoba hal yang berbeda dari pengujian sebelumnya, yaitu kapasitas file besar dan kecil yang ditingkatkan menjadi 10 GB. Sesuai dengan hasil pengujian pada benchmark CrystalDisk Mark, Samsung 960 PRO berkapasitas 2 TB ini mampu unggul dibanding SSD Intel 750 Series NVMe.

ATTO Benchmark

Hasil pengujian terakhir, yaitu ATTO Benchmark, terlihat bahwa kemampuan Read dan Write dari Samsung 960 PRO sangat tinggi dan cenderung sangat stabil.

Kesimpulan

Samsung kembali menawarkan sebuah solusi baru bagi para pengguna PC profesional melalui SSD barunya ini. SSD ini merupakan salah satu SSD consumer dari Samsung yang menempati varian tertinggi di kelasnya. Berbagai dukungan fitur serta teknologi lain yang diusung, mampu membuat SSD ini tampil dengan performa sangat impresif. Seperti dukungan chip V-NAND yang dipadankan dengan kontroler terbaru hasil pengembannya yang bernama Polaris.

Adapun teknologi menarik lainnya yang disematkan oleh Samsung pada SSD barunya ini, sang produsen membenamkan teknologi bernama Dynamic Thermal Guard. Teknologi tersebut mampu memberikan ketahanan tinggi sehingga performa yang dihasilkan tetap optimal dan maksimal, bahkan pada kondisi ekstrim sekalipun dan dapat mencegah gejala overheating selama beroperasi.

Samsung 960 PRO NVMe M.2 ini bakal menjadi idola baru bagi mereka yang ingin meningkatkan performance booster pada PC yang digunakan, baik PC Desktop maupun laptop yang memiliki dimensi body super slim. Bagi Anda yang tertarik ingin menggunakan SSD ini, pihak Samsung menyediakan tiga pilihan kapasitas di antaranya 512 GB, 1 TB dan 2 TB. Soal ketersediaannya, Samsung 960 PRO ini akan resmi meluncur di pasaran pada November mendatang. Sayangnya harga yang dimiliki SSD ini tergolong cukup tinggi, namun performa serta kapasitas yang ditawarkan untuk sebuah SSD berukuran mini ini bisa dikatakan cukup sebanding.

Kelebihan:

+ Performa sangat kencang

+ Ukuran mini

+ Hemat ruang

+ Garbage collection

+ NVMe untuk consumer desktop & notebook

Kekurangan:

– Pada PC Desktop, slot untuk SSD form factor M.2 hanya tersedia di motherboard kelas atas

– Harga tergolong tinggi

Source >